Golf Handicap – Apaan Coba? Penting!

golf handicap is a numerical measure of a golfer’s potential that is used to enable players of varying abilities to compete against one another. Better players are those with the lowest handicaps.

https://en.wikipedia.org/wiki/Handicap_(golf)

Kalau lagi ngomongin golf mah nggak bakal jauh dari yang namanya Handicap. Udah menjadi semacam pertanyaan atau pernyataan umum apabila dua golfer bertemu. Handicap dalam golf emang agak sedikit unik sih. Seolah kemampuan kita dalam bermain golf terukur dengan angka (Numerik). Dengan adanya handicap ini, semua golfer dari berbagai kemampuan dapat bermain bersama atau berkompetisi. Semacam pemersatu Golfer gitu. Tapi handicap juga bisa membuat golfer jadi berselisih paham. Ada banyak Golfer yang declare Handicap-nya lebih gede dari yang semestinya, dan ada juga yang declare lebih kecil dari yang seharusnya. Ya namanya juga system buatan manusia yak. Nggak mungkin sempurna…

Jadi, ada dua macam Handicap yang perlu Golfer ketahui. Yaitu Course Handicap dan Handicap Index. Course Handicap adalah Handicap yang berlaku di lapangan tertentu atau lapangan yang sedang dimainkan. Sementara Handicap Index adalah Handicap Index sang Golfer yang berlaku secara universal. Course Handicap merupakan hasil dari konversi Handicap Index itu tadi. Jadi, yang perlu golfer miliki adalah Handicap Index. Sehingga ketika bermain dilapangan golf mana pun, si Golfer tinggal konversi ke Handicap Lapangan tersebut.

Handicap Index? Kenapa??!!!

Handicap Index dihitung dengan mempertimbangkan faktor kesulitan sebuah lapangan. Hal ini dikarenakan, setiap lapangan Golf mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Handicap Index dianggap lebih obyektif dan realistis. Tingkat kesulitan suatu lapangan golf dinyatakan dengan Course Rating dan Slope Rating (Info ini biasanya ada dalam scorecard lapangan).

Oke, Gue Mau deh Handicap Index. Caranya gimana?

Cara pertama, Anda bisa menghitungnya secara manual dengan mengikuti tutorial dari website ini. Tinggal bikin rumus-nya di Excel, udah deh jadi. Tapi buat yang nggak mau repot, bisa menggunakan layanan web seperti FairwayFiles.com. Juga udah banyak applikasi iOS atau Android yang tinggal di Unduh. Atau gugel aja deh dengan keyword “Golf Handicap Tracker” ntar banyak yang pilihan. Jadi tinggal masukin data score kita ke layanan tersebut, udah deh. Ntar mereka kalkulasiin sendiri… O iya, selalu disiplin untuk memasukkan score yah. Hal ini akan bermanfaat bukan hanya untuk Handicap Index, tapi juga data yang bisa kita review untuk bahan latihan.

Aku pribadi menggunakan FairwayFiles.com. Ini dikarenakan udah kadung masukin data sejak thn 2017. Mau pindah layanan tapi udah keburu nyaman hehehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s