RangeFinder – Must Have Golf Gadget

Berapa jaraknya neng? Kalau kesitu berapa jaraknya? Jarak amannya berapa? Kira kira ke tengah situ berapa jaraknya? Mau layup jaraknya berapa? Nanti sisa jaraknya kira kira berapa? Yang dapat longest drive jaraknya berapa? Jarak jarak dan jarak. Coba dengerin deh percakapan ini ketika bermain Golf. Hampir setiap saat kita mendengar pertanyaan jarak dari Golfer atau pernyataan jarak oleh Caddy. Mengetahui jarak adalah hal yang paling essential dalam permainan ini. Golfer akan selalu memasukkan Jarak pada ceritanya ketika di club house. Bagaimana kita mau mendekatkan bola ke lubang kalau tidak tau jaraknya? Kenapa kita bawa 10 sampai dengan 14 stik Golf kalau bukan karena Jarak? Yuk mari kita mulai mengatur strategi permainan dengan Jarak.

MEMPUNYAI JARAK FAVORIT DALAM BERMAIN GOLF

Di awal bermain golf, jarak favorit aku adalah 150 yards. Jarak tersebut merupakan bagian dari strategi ketika bermain. Memilih stik yang akan digunakan juga berdasarkan jarak tersebut. Menjadi jarak favorit karena aku latih hampir setiap hari. Sejalan dengan waktu, jarak favorit ku sekarang adalah 50 Meter sampai dengan 150 meter. Karena aku mempunyai banyak kombinasi pukulan untuk jarak jarak segitu. Di saat bermain golf, aku akan berusaha untuk meletakkan bola pada jarak favorit itu. Setelahnya, akan menyerang Pin pada jarak tersebut. Konon katanya bermain golf yang sehat adalah menjalankan strategi bermain ke posisi yang menguntungkan kita. Mempunyai jarak favorit tentu saja menguntungkan kita saat bermain golf bukan?

CARA MENDAPATKAN INFORMASI JARAK SAAT BERMAIN GOLF

Golfer single hcp, scratch, elit, jago, hebat atau apalah… sudah pasti mempunyai sense/feeling untuk mengontrol jarak pukulan. Hal ini dikarenakan mereka sangat paham pentingnya mengatur jarak pukulan dalam bermain Golf. Mempunyai pukulan yang jauh memang menguntungkan, tapi bukanlah yang terpenting. Berikut ini beberapa cara untuk mendapatkan informasi jarak sehingga kita dapat memposisikan bola pada jarak favorit kita. Ini berdasarkan pengalaman pribadi yah, mungkin masih ada cara yang lain yang aku tidak tahu….

1. Informasi Jarak Pada Marker (Markah) / Patok

Mayoritas lapangan golf mempunyai markah sebagai patokan jarak. Ada yang dari jarak 200 Meter, 150 Meter, 100 Meter dan 50 Meter. Ada juga markah yang ditanam di fairway sprinkle. Aku udah puluhan tahun bermain golf dengan mengandalkan Markah jarak. Markah jarak tidak selamanya akurat karena tidak memperhitungkan slope. Hanya mengandalkan informasi markah dilapangan berarti udah siap dengan ketidakpastian.

2. Informasi Jarak Dari Caddy Dan Penglihatan Golfer

Beruntung kita bermain Golf di Indonesia sini. Rata rata lapangan menyediakan Caddy. Dan biasanya Caddy sudah berpengalaman dengan jarak masing masing Holes. Tapi semua Caddy tidaklah sama. Kadang ada yang masih baru, kadang ada yang pemalas, kadang ada yang asal jawab saja. Ketidakpastian inilah yang membuat aku kurang sreg dengan informasi jarak oleh Caddy. Sempat beberapa tahun aku hanya bergantung pada penglihatan dan sense/feeling. Akan tetapi itu juga tidak akurat karena ada beberapa lapangan golf yang di design emang untuk menipu penglihatan mata kita.

3. Informasi Jarak Dari Gadget Digital – Golf GPS dan lain lain

Nah ini agak mendingan. Golf GPS sekarang juga banyak yang udah bisa slope, auto ngitung jumlah pukulan, dan fitur fitur lainnya. Untuk yang tidak mau repot, atau udah punya fitur ini di Jam tangannya, silahkan gunakan. Aku tidak cocok menggunakan system digital seperti ini. Masih ada keraguan saat melakukan pukulan setelah mengetahui jarak dari Golf GPS

4. Golf RangeFinder – The best Choice

Lebih dapat feel nya kalo menggunakan RangeFinder. Karena kita bisa langsung mengintip target yang dituju. Sehingga visualisasi pukulan menjadi lebih gampang. Dan kita bisa menggunakannya saat latihan di Driving Range. Melatih jarak pukulan jadi semakin akurat. Tapi perlu di ingat, untuk menggunakan RangeFinder golf yah. Bukan untuk Photography atau Hunting(Berburu). Keuntungan menggunakan yang khusus untuk golf adalah fitur slope. Jadi tidak semata2 menghitung jarak dari satu titik ke titik yang lain, juga diperlukan perhitungan posisi target apakah lebih diatas dari kita atau dibawah.

Begitu banyak cara untuk mendapatkan informasi jarak. Dua tahun belakangan ini aku mulai menggunakan RangeFinder. Hasilnya luar biasa karena kita jadi semakin yakin saat melakukan ayunan ketika tau jarak yang akan dituju. RangeFinder yang aku gunakan saat ini adalah NX9 Slope. Selain mempunyai fitur slope, juga ada magnetik dan water proof ketika bermain saat hujan. Locking jaraknya juga cepet banget. Mempunyai pengaturan jarak dalam Yards dan Meter. Sejauh ini puas banget dengan performa NX9 Slope.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s