Franco.Kernel– Android Nexus 4

Franco Kernel

Apa itu Kernel? Dia adalah perangkat lunak (software) yang menghubungkan System Operasi dengan perangkat keras (hardware). Konfigurasi kernel yang bagus membuat sebuah system menjadi lebih stabil dan efisien. Tentu saja tidak ada konfigurasi yang one-size-fits-all, karena masing masing individu kita mempunyai kebutuhan yang berbeda beda terhadap suatu system. Nah Pada Android, ada sedikit kesamaan antara satu pengguna dengan pengguna telp genggam yang lainnya. Yaitu kebutuhan system yang stabil/bisa di andalkan dan batterai yang tahan lama.

Franco Kernel adalah salah satu kernel terbaik untuk perangkat Nexus. Membuat android kita berasa lebih cepat dan lebih efisien dalam penggunaan baterai. Kernel ini bisa di download secara langsung disini(KitKat). Atau bisa melalui forum xda-developers disini. File dalam format *.zip tersebut bisa langsung di flash. Anda bisa configurasi kernel ini sesuka hati dengan scripts / init.d.

Atau bisa juga dengan menggunakan applikasi Franco Kernel Updater dari playstore disini (Free). Akan tetapi, applikasi gratis ini hanya sebatas update kernel saja. Tidak ada fitur pengaturan kernel (jadi kurang lebih tetap konfigurasi di scripts / init.d). Walaupun secara default, kernel ini lebih superior dibanding kernel bawaan dari OS Kitkat. Fitur pengaturan pada applikasi Franco Kernel updater yang berbayar jauh lebih superior. Beberapa fitur tersebut adalah;

Screenshot_2014-04-06-22-31-30

* Deep integration with franco.Kernel
* Check for new franco.Kernel versions
* Auto flash Kernels directly into the device without any user input besides requiring a reboot
* Download .zips to be flashed in recovery
* Beautiful UI that follows Google’s Guidelines using a great looking navigation drawer
* Interface to change CPU clocks and governor
* Interface to change the CPU governor parameters
* Backup & Restore Kernels on the fly without any "geek" knowledge
* Custom Kernel settings such as: IO scheduler, IO scheduler tuning, TCP congestion algorithm and options to turn logging off
* A powerful tool called PerApp Settings which you can set special sets of options for your favorite apps. For example you want maximum CPU freq when gaming, but low frequency when reading a e-book. With this tool that is possible. Its also very flexible.
* A System Monitor with a beautiful UI courtesy of the developer Christian Göllner
* A simple File Manager to flash boot.imgs and Kernel .zips on the go from anywhere inside the sdcard
* Color and Sound control for selected devices pending Kernel support
* CPU temperature available in the notification bar
* Many more options

Berikut contoh configurasi CPU Manager dan Kernel Setting Franco Kernel Nexus 4 saya saat ini.

CPU Manager

Screenshot_2014-04-06-22-31-58

Di sini kita bisa configurasi minimum dan maximum CPU Frequency. Singkatnya, kita bisa mengatur berapa minimum dan maximum kecepatan CPU yang kita inginkan. Bukan Overclock yah. Kernel ini tidak bertujuan untuk Overclock. Semakin tinggi kita set, maka konsumsi baterai akan semakin banyak. Begitu pula sebaliknya.

Current Governor bertugas untuk mengontrol skala frekuensi CPU. Idealnya, ketika tidak ada penggunaan, maka frekuensi CPU direndahkan. Ada beberapa opsi untuk Governor ini, aku menggunakan opsi Interactive, dimana aku merasakan performa yang bagus dengan konsumsi baterai yang minim. Untuk lebih detailnya bisa dibaca disini.

Begitulah configurasi CPU Manager Franco Kernel yang aku gunakan saat ini.

Kernel Settings

Screenshot_2014-04-06-22-31-44

Pada menu ini aku hanya menggunakan satu opsi saja. Yaitu pada bagian TCP Congestion Algorithm. Dari beberapa pilihan yang ada, aku menggunakan opsi veno. Hal ini karena namanya yang menurut ku keren. heheee…

Nggak kok, veno untuk Latency, Download dan Upload lebih sesuai dengan kebutuhanku. Untuk lebih detailnya bisa dibaca disini.

Tentu saja masih banyak lagi konfigurasi yang bisa dilakukan dengan Franco Kernel ini. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan masing masing…

Sep! Have Fun!

PS: berikut screenshot penggunaan baterai pada Nexus 4 dengan konfigurasi diatas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s