Solusi Wifi Pada Nexus 4 dan 7 – Android Kitkat

Setelah beberapa minggu upgrade Nexus 4 dan Nexus 7 ke Android Kitkat, aku merasakan ada masalah dalam stabilitas koneksinya melalui wifi. Signal drop secara drastis dan koneksi pun menjadi relatif lebih lambat dari sebelumnya. Namun, dengan Access Point yang sama, iPad, iPhone dan laptop tidak mengalami gangguan koneksi. Setelah googling sana sini, aku tidak menemukan bug yang berarti pada Wifi kitkat. Dan masalah wifi ini hanya terjadi apa bila aku terkoneksi pada access point tertentu.

Mencoba untuk mengatasi masalah ini dengan applikasi Wifi Fixer, namun tidak berhasil. Mencoba dengan mod dari xda-developers, juga tidak berhasil. Karena hanya gadget Nexus saja yang mengalami ketidakstabilan konektivitas, tidak pernah kepikiran ternyata masalahnya ada pada Access Point Wifi. Hal ini keliatan pada applikasi Wifi Analyzer pada Android. Channel yang digunakan oleh Access Point di rumahku ternyata tumpang tindih dengan access point yang lainnya. Sepertinya Nexus dan Kitkat tidak suka dengan hal tersebut 😀

Setelah mengganti dengan channel broadcast yang lain, koneksi Wifi pada Nexus 4 dan 7 ku kembali seperti semula. Bukan hanya itu, lebih baik dari sebelumnya malah..

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s