Trader Level 3 – The Eureka Moment

Pada akhirnya di level ini kamu akan mendapatkan 5 sampai 10 system yang lengkap dan mencoba mencari tahu system mana yang paling cocok dengan kepribadian kamu.

Dari 10% trader yang ada di level ini, hanya sekitar 7% yang berhasil pindah ke level 3. (by wafiqfx.com)

Bob Proctor pernah mengatakan bahwa untuk sampai pada tujuan yang kita inginkan, hal pertama yang kita lakukan adalah mengetahui keberadaan kita sekarang. Masuk akal juga, contohnya gini, gimana caranya kamu mau ke dapur rumahmu kalau kamu sekarang tidak tau posisimu dimana. Apakah sedang berada di kamar tidur? atau di ruang tamu? atau mungkin kamu sedang di teras rumah? Yang pasti, dimana pun kamu berada di rumahmu, pasti ada jalan untuk ke dapur. Nah di perjalanan ke dapur itu, apakah kamu mampir ke toilet terlebih dahulu atau langsung? Keputusan semua ada ditanganmu, yang penting kamu tau mau kemana…

Di Tingkatan Trader oleh Wafiqfx.com, penjelasannya sangat jelas. Salut juga dengan admin nya yang bisa memilah tingkatan tersebut menjadi seperti itu. Bagaikan Peta di Business ini. Hal ini sangat memudahkan kita sebagai seorang trader untuk menentukan apa yang ingin kita capai di Business ini. Dan menentukan sudah sampai dimana kita. Konon katanya No Shortcut To Success, semua proses memang harus dilewati. Itulah yang membuat kita berhak mendapatkan apa yang kita dapatkan nantinya.

Dengan bangga saya katakan, bahwa saya sudah berada di Trader Level 3 saat ini hahahaha… Yuklah kita breakdown kenapa saya mengakatan seperti itu. Berikut ini penjelasannya.

Kutipan Trader Level 3 : http://wafiqfx.com/tingkatan-trader/

Pada akhir level 2, kamu akhirnya menyadari pokok permasalahan bukan terletak di system. Kamu menyadari bahwa kamu bisa mendapat profit bahkan jika hanya menggunakan system yang simpel seperti moving average saja tanpa ada indicator lain, jika kamu bisa menggunakan kepala kamu dan money management yang benar.

Kamu mulai membaca buku tentang psikologi trading, dan mengidentifikasi dengan karakter yang dijelaskan dalam buku itu. Akhirnya datanglah Level Pencerahan.

Level pencerahan ini terjadi ketika account pertama saya ludes tak berbekas. Bingung, kalut, pengen nangis, juga pengen marah marah bercampur semua menjadi satu. Yang sebelumnya saya hanya research tentang teknis trading, sekarang sudah mulai mendalami psikologi trading itu seperti apa. Apa yang terpenting dan seterusnya. Yah namanya juga manusia, sangat terkesima denga sesuatu yang komplex sehingga lupa dengan faktor terpenting dalam Business ini. Ya itu pengendalian diri…

Kutipan Trader Level 3 : http://wafiqfx.com/tingkatan-trader/

Level pencerahan ini membuat otak kamu menyadari satu hal yang penting, di dunia ini tidak ada seorang pun yang mampu memprediksi secara akurat apa yang akan terjadi pada market 30 detik kemudian.

Kamu mulai menguasai satu system trading dan memodifikasinya sehingga sesuai dengan karakter kamu, dan mampu memberikan lebih banyak profit dibandingkan system yang asli.

Kamu mulai trading jika kamu tahu probabilitas untuk profit lebih besar daripada untuk loss, kamu hanya trading jika ada signal dari system kamu, kamu selalu menggunakan stoploss, karena kamu tahu stoploss adalah resiko bisnis yang ada dalam dunia trading.

Ketika stoploss kamu kena, kamu tidak emosi karena kamu tahu tak seorangpun bisa memprediksinya, dan itu bukan kesalahan kamu. Trading berikutnya akan meningkat probabilitas profitnya karena kamu tahu system kamu itu system yang profit.

Sebelumnya berasa jadi dukun peramal harga, ekpektasi yang terlalu tinggi menyebabkan kekecewaan yang tinggi pula. Sekarang sudah sadar kalau kita tidak akan pernah prediksi harga secara akurat, kalaupun bisa, tidak selalu 100% tepat… Dan setelahnya mulailah untuk menyederhanakan system yang saya punya sehingga memiliki probabilitas diatas 60%. Trading pun sudah mulai dengan perencanaan. Yang sebelumnya membabi buta, sekarang jadi lebih kalem. Sudah mulai menerapkan “Kalau ragu, mending tidak masuk pasar dari pada loss”. Menerapkan Stoploss (SL) sebagai management resiko dalam trading, alias sudah mulai komit dengan rencana awal. Tidak lagi geser geser harga Stoploss ketika harga mulai mendekatinya Open-mouthed smile

Kutipan Trader Level 3 : http://wafiqfx.com/tingkatan-trader/

Kamu secara seketika menyadari bahwa dalam dunia trading hanya ada satu hal yang penting yaitu konsistensi pada system, psikologi trading dan money management kamu. Dan kedisiplinan kamu untuk melakukan trading apapun yang terjadi.

Kamu mempelajari tentang money management, 2% risk, dan hal lainnya. dan hal ini mengingatkan kamu 1 tahun yang lalu ketika ada yang memberi nasehat yang sama padamu dan kamu memilih untuk mengacuhkannya. ketika itu kamu memang belum siap namun sekarang kamu siap.

Di level pencerahan, otak kamu akan menerima bahwa kamu tidak bisa meramalkan pergerakan market, karena memang tak seorang pun bisa.

Konsisten pada system, psikologi trading dan money management adalah kunci dari level 3 ini. Mungkin kalau bisa ditambahkan, yaitu jangan serakah. Hanya mengandalkan system saja tidak cukup membuat kita sukses di Business ini. Satu dan lainnya sangat berkaitan.  Dan sekali lagi benar neh, tidak ada yang bisa meramalkan pergerakan market camkan itu.

Kutipan Trader Level 3 : http://wafiqfx.com/tingkatan-trader/

Dari 7% trader yang ada di level ini, hanya sekitar 5% yang berhasil maju ke level berikutnya.

Terakhir, setelah berada disini, saya ingin sekali termasuk kedalam 5% yang berhasil ke level 4. Paling tidak itulah tujuan saya saat ini. Semangaat!!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s